Buah naga yang nama latinnya hylocereus polyrhizus adalah buah yang dapat tumbuh di wilayah yang memiliki iklim tropis, subtropis, hingga wilayah yang beriklim kering. Buah ini berasal dari Amerika Tengah juga selatan namun, Vietnam dan Thailand lah yang dikenal merajai pangsa pasar buah naga skala global.

Buah naga pertama kali dikembangkan di daratan China. Hal ini tidak lepas dari jasa seseorang berkebangsaan Perancis yang membawa bibit buah tersebut dari Meksiko. Pada mulanya, varietas asli buah naga yakni berkulit merah dengan daging buah berwarna putih dipenuhi bebijian hitam. Tetapi seiring dengan perkembangan pertanian, tercipta jenis buah naga lainnya seperti buah naga merah, hitam dan juga kuning. Di antara keempat varietas ini, buah naga putih dikenal sebagai penghasil vitamin C paling baik.

Di Indonesia buah naga juga telah dibudidayakan oleh petani-petani lokal. Saat pertama kali muncul di indonesia harga buah naga tergolong cukup mahal bahkan sejajar dengan apel impor dari Selandia Baru tapi sekarang harganya sudah jauh lebih terjangkau.

Buah naga memiliki kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3. Vitamin C berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu menyembuhkan luka/memar. Vitamin B2 dan B1 sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan nafsu makan. Vitamin B3 dapat mengurangi kadar kolesterol. Buah naga juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi hingga menyembuhkan penyakit batuk dan asma. Selain mengandung vitamin buah naga juga mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan kekuatan tulang. Buah naga juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga mengatasi tekanan darah tinggi.

Salah satu jenis buah naga adalah buah naga merah yang memiliki serat tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan dan juga membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Buah naga merah juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata karena buah ini mengandung karoten. Kandungan Sedangkan lycopene pada buah naga merah dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, kanker, hingga membantu menurunkan tekanan darah.

Jenis lainnya yang sering ditemui adalah buah naga putih. Buah naga dengan daging berwarna putih ini dikenal memiliki rasa yang lebih asam ketimbang jenis buah naga lain. Hal ini merupakan indikasi awal tingginya kandungan vitamin C pada buah tersebut. Buah naga putih bermanfaat menjaga fleksibilitas pembuluh darah, mereduksi gula darah, menurunkan kolesterol, menyumbang mineral bagi tubuh, memperbaiki kecerahan mata, mencegah dan mengobati anemia, menghambat pertumbuhan kanker, menghaluskan kulit dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk mengkonsumsi buah naga ini bisa dengan membuat jus atau salad, tapi lebih baiknya dengan memakan langsung. Karena lebih berkhasiat buah naga yang masih asli daripada diolah terlebih dahulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation